Persahabatan Seekor Semut dan Burung Merpati #semut #merpati



Pada suatu siang yang panas, seekor semut merah yang terpisah dari rombongannya ketika mencari air minum, tampak kelelahan. Setelah berhasil minum secukupnya, ia menyingkir dari tepi sungai dengan memanjat sebatang rumput yang licin. Namun karena kurang hati-hati, ia terpeleset dan terjun ke sungai yang beralir deras.
“Tolong, toloong.....!!!”teriak Semut dengan paniknya. Beruntung ada seekor burung merpati di sekitar tempat itu yang tengah berteduh dari sinar matahari yang menyengat.
Merpati celingukan kesana kemari mencari sumber suara. Pandangannya lalu tertuju pada seekor semut merah yang tengah terombang-ambing arus air sungai yang deras. Karena kasihan, Merpati lalu memetik selembar daun yang cukup lebar dengan paruhnya kemudian melemparnya ke dekat Semut Merah.
“Naiklah ke atas daun sahabatku! Aku akan membantumu menggiring ke tepi sungai,”perintah Merpati. Semut lalu berjuang keras naik ke atas daun. Setelah berhasil, Merpati mengepakan sayapnya kuat-kuat agar daun yang dinaiki Semut bergerak ke tepi.
Kebaikan Merpati tidak cukup sampai disitu. Ia mengantar Semut kembali ke rombongannya. Semut terharu sekali dengan kebaikan Merpati. Ia berjanji, jika ada kesempatan akan membalas semua kebaikannya.
Beberapa hari kemudian, rombongan semut merah kembali bergerak menuju ke hutan. Mereka bergerak diantara pepohonan yang tinggi. Gerakan mereka sempat terhenti ketika terdengar suara ribut di bawah sana. Setelah diperhatikan ada seorang pemburu yang tengah mengejar babi hutan buruannya.
Pemburu itu sekarang tengah mengincar burung yang mungkin sedang bertengger di pepohonan. Semut Merah melihat Merpati yang kemarin menolongnya berada tidak jauh dari Si Pemburu. Hatinyapun menjadi was-was. Ia segera turun mendekati kaki Si Pemburu. Ketika Pemburu tersebut tengah mengarahkan moncong senapannya kearah Merpati, dengan sigap Semut Merah langsung menggigit kaki Si Pemburu sehingga tembakannya meleset.
Merpati terkejut mendengar suara senapan. Beruntung peluru Si Pemburu tidak mengenainya. Merpati dengan sigap terbang melarikan diri. Iapun selamat berkat pertolongan Semut Merah yang beberapa hari lalu diselamatkannya.

Posting Komentar untuk "Persahabatan Seekor Semut dan Burung Merpati #semut #merpati"