Kecerdikan Banteng Mampu Mengusir Singa Yang Perkasa #banteng #singa



            Di sebuah hutan yang dihuni oleh banyak burung dan hutan, tinggallah seekor banteng yang berkeliaran mencari tempat tinggal. Ia ingin memiliki sebuah tempat yang bisa menjadi rumah yang nyaman bagi dirinya dan keluarganya kelak.Maka iapun tidak pernah lelah untuk mencari tempat idamannya tersebut.
            Suatu hari ia menemukan sebuah gua yang dikelilingi oleh kolam besar dan rerumputan hijau yang luas dan rimbun. Melihat hal tersebut iapun bergumam dalam hati,”Sungguh beruntung akhirnya aku bisa menemukan tempat seindah ini. Gua itu akan menjadi rumah yang ideal bagiku. Sementara aku tidak akan kelaparan dan kehausan dengan adanya rumput dan kolam seluas ini.”
            Beberapa waktu berlalu, banteng semakin bahagia merumput dan berendam di kolam. Tubuhnya gemuk dan sehat. Selain itu ia juga mulai menemukan banyak teman disekitar rumah barunya itu.
            Namun, dua hari kemudian ia kedatangan tamu tak diundang. Singa kelaparan datang mendekat hendak memangsanya,”Amboi! Betapa gemuk dan sehat banteng itu. Cocok sekali untuk dijadikan santap malamku,”pikir sang singa sambil menjilati bibirnya yang basah oleh air liur.
            Melihat kehadiran sang singa, banteng langsung bersiaga. Ia bisa merasakan datangnya bahaya yang akan mengancam nyawanya. Namun banteng mampu berpikir tenang dan tidak panik. Ia mencoba menemukan cara untuk mengusir singa yang mengendap-endap mendekatinya. Tiba-tiba ia menoleh ke arah gua sambil berteriak kencang.
            “Istriku sayang, jangan memasak apapun malam ini! Aku baru saja melihat seekor singa. Aku sekarang tengah mengintai untuk menangkap singa itu. Kita akan menggoreng dan memasaknya dengan bumbu-bumbu yang lezat.”
            Singa yang tengah merunduk agar tidak terlihat oleh banteng dapat mendengar percakapan si banteng dengan istrinya secara jelas. Tubuhnya menjadi gemetar dan ketakutan. Ternyata si bantenglah yang justru sedang mengincar dirinya untuk dijadikan santap malam. Iapun segera mengambil langkah seribu meninggalkan tempat itu agar tidak ditangkap dan dibunuh oleh banteng.
            Setelah dirasa aman, iapun berhenti untuk mengatur napasnya yang tersengal-sengal. Saat itulah muncul seekor serigala menanyakan kejadian yang baru saja dialaminya. Serigala tertawa terbahak-bahak mendengar cerita sang singa.
            “Ha ha ha…kau itu binatang yang kuat tapi bodoh wahai singa. Banteng telah menipumu dengan mudah. Sekarang kita kembali saja ke gua dan menangkap banteng itu untuk kita santap bersama-sama,” ajak serigala dengan sombongnya.
            Tetapi singa masih ketakutan dan tidak mempercayai ucapan serigala. Serigala yang mengerti kenapa singa ragu untuk ikut dengannya berkata “Baiklah jika kau masih belum percaya dengan rencanaku. Ikat saja ekormu dengan ekorku. Kau berjalan saja di belakangku. Maka jika benar banteng hendak menyerang, akulah yang pertama jadi korbannya, sedangkan kamu masih bisa lari menyelamatkan diri,”jelas serigala mencoba membujuk singa.
            Singa akhirnya setuju. Lalu ia dan serigala mengikat ekornya bersama-sama dan berangkat menuju gua tempat tinggal banteng. Keduanya berjalan mengendap-endap agar tidak diketahui kedatangannya oleh si banteng.
            Si banteng untung saja melihat kehadiran keduanya sehingga bisa menyusun rencana penyelamatan. Ia pura-pura tidak tahu namun dengan suara kencang seolah-olah sedang berbicara dengan istrinya, banteng berdiri dan melihat ke sekeliling.
            “Istriku sepertinya serigala sahabat kita telah berhasil membawa singa incaranku kemari. Akhirnya kita bisa memberi makan anak-anak kita yang kelaparan!”teriak banteng kencang agar suaranya terdengar oleh singa yang semakin dekat padanya.
            Singa terkejut bukan main mendengar ucapan banteng. Ia lalu menatap penuh amarah kepada serigala yang tampak kaget mendengar ucapan banteng.
            “Rupanya inilah maksud serigala mengikat ekorku dengan ekornya. Ia ingin menjualku kepada banteng untuk dijadikan santap malam. Aku harus segera pergi dari sini sebelum keadaan semakin buruk,”pikir singa yang mulai ketakutan.
            Melihat hal itu, serigala segera berucap memberitahu singa bahwa banteng tengah menipunya lagi,”Jangan percaya dengan ucapannya wahai sahabatku, singa. Semua ucapannya itu bohong! Percayalah!  Aku tidak mungkin akan mencelakaimu.”
            Namun semua penjelasan serigala telah terlambat. Singa yang ketakutan sudah tidak mau mendengarnya lagi. Dengan sekuat tenaga, ia segera berlari ke dalam hutan, menyeret serigala yang ekornya masih terikat dengan ekor miliknya. Tubuh serigala yang lebih lemah terpelanting di atas tanah bebatuan dan semak-semak berduri. Terseret ratusan meter jauhnya. Ia terluka cukup parah dan penderitaannya baru berakhir setelah singa berhenti.
            Sejak saat itu keduanya tidak pernah kembali ke dalam gua tempat tinggal banteng yang kini hidup bahagia bersama istri dan anak-anaknya.

Posting Komentar untuk "Kecerdikan Banteng Mampu Mengusir Singa Yang Perkasa #banteng #singa"