HEWAN PALING CERDAS DI DUNIA #hewan #cerdas



Pada jaman dahulu di Laos, ada seorang petani yang rajin. Setiap pagi hingga sore hari, ia selalu membajak sawah bersama kerbau miliknya. Ia juga membantu tetangga maupun saudaranya dengan senang hati.
        Suatu hari, seekor harimau yang sedang mencari minum di pinggir sungai menyaksikan si petani dan kerbaunya tengah bekerja di sawah. Harimau itu sangat terkejut dan heran karena melihat kerbau yang kuat dan besar mau mendengarkan dan mematuhi perintah petani, hewan yang lebih kecil dan lemah. Harimau menjadi penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang hewan besar dan hewan kecil yang ia lihat itu.
        Setelah si petani pulang, Harimau lalu berbicara dengan Kerbau,”kamu itu besar dan kuat, tapi kenapa kamu selalu melakukan semua perintah hewan kecil itu?”
        “Hewan kecil? Ooh…Pak tani maksudmu? Ya karena manusia itu sangat pintar. Dia  memiliki kecerdasan yang tidak dipunyai oleh hewan seperti kita,”jawab Kerbau yang membuat Harimau makin penasaran.
        “Bisa kamu ceritakan padaku bagaimana kecerdasan yang ia miliki?”tanya Harimau tak mau kalah.
        “Maaf, aku tidak bisa menceritakannya padamu,”jawab Kerbau sambil menggeleng,”Namun sebaiknya kau tanyakan saja langsung padanya agar lebih jelas!”saran Kerbau.
        Harimau lalu menuruti saran itu. Keesokan harinya ia langsung bertanya pada si petani,”Bolehkah aku melihat kecerdasanmu?”
        Petani menjawab dengan tenang,”Boleh boleh saja. Tapi sayangnya kecerdasanku tertinggal di rumah. Aku lupa membawanya.”
        “Bisakah kamu pulang dan membawanya kemari. Aku ingin sekali melihatnya,”pinta Harimau penuh harap.
        “Baiklah,”jawab petani,”Tapi aku takut kamu akan membunuh kerbauku ketika aku pulang. Jadi bolehkan aku mengikatmu dulu di pohon sebelum pergi?”
        Harimau mengangguk setuju. Maka si petani lalu mengikat harimau itu di pohon. Namun setelah itu, bukannya pulang ke rumah, petani malah mengambil cangkul dan menghantam harimau hingga pingsan.
        “Sekarang kamu tahu kecerdasanku meski kamu tidak bisa melihatnya!”gumam petani puas karena berhasil mengalahkan harimau malang itu.
       

Posting Komentar untuk "HEWAN PALING CERDAS DI DUNIA #hewan #cerdas"