Gadis Berkerudung Merah ( Cerita dari Perancis) #kerudungmerah


Kerudung Merah tidak pernah lupa menjenguk neneknya yang tinggal di hutan jika ada waktu. Biasanya sepulang sekolah, ia akan langsung menuju ke sana ditemani anjingnya yang setia.
          Hari ini dia mendengar sang nenek sedang sakit. Maka ia langsung meminta ijin pada orang tuanya untuk menjenguk beliau. Oleh ibunya ia dibawakan kue pisang dan jus anggur serta beberapa butir obat untuk diminum agar sakitnya bisa sembuh.
          Maka dengan langkah seringan kapas, ia bernyanyi-nyanyi kecil menyusuri jalan menuju ke rumah nenek. Anjingnya menemani dibelakang dengan senang hati.
          Si Kerudung Merah tidak menyadari jika ada sosok lain tengah bersembunyi mengawasinya sedari tadi. Sosok itu adalah seekor serigala yang tengah kelaparan. Ia sebenarnya ingin memangsa Kerudung Merah namun takut akan diserang oleh anjing yang mengawal gadis baik hati itu. Akhirnya dia hanya bertanya sekadarnya.
          “Halo, nona kecil yang cantik. Mau kemana nih? Kelihatannya buru-buru sekali,”Serigala menyapa dengan ramah agar Kerudung Merah tidak takut padanya.
          “Oh, Tuan Serigala. Aku mau menjenguk nenekku yang sedang sakit. Aku juga membawa obat untuknya agar dia sembuh,”jawab Kerudung Merah sedih.
          “Sungguh kamu cucu yang baik. Tapi menurutku belum lengkap kalau tidak membawa bunga yang indah untuk nenekmu. Dia pasti akan senang sekali,”saran Serigala. Ia kini punya rencana lain.
          Ternyata Si Kerudung Merah menuruti saran Serigala. Ia lalu sibuk mencari bunga-bunga yang harum dan indah untuk diberikan ke neneknya. Saat bersamaan Serigala langsung menuju ke rumah nenek dan menyamar sebagai Si Kerudung Merah. Penampilannya sangat mirip sehingga si nenek tertipu. Ia mempersilahkan Serigala masuk ke rumah. Dan ketika lengah, Serigala langsung memangsanya dengan lahap.
          Serigala lalu tiduran di ranjang sambil menunggu kedatangan Si Kerudung Merah. Ketika gadis itu tiba dan mengetuk pintu, ia langsung mempersilahkan masuk.
          “Halo, Nenek! Bagaimana kabarmu, Nek? Sudah makan belum?”sapa Kerudung Merah disamping nenek atau Serigala yang sedang menyamar sebagai neneknya.
          “Aku sudah makan tadi. Sekarang kondisi nenek sudah mulai membaik. Tidak seperti kemarin, kepalaku pusing sekali,” balas Serigala berbohong.
          Namun Si Kerudung Merah merasa heran dengan kondisi neneknya itu. Ia tampak aneh sekali. Tidak seperti biasanya.
          “Tapi Nek, kenapa telingamu panjang sekali?”tanya Kerudung Merah penasaran.
          “Oh ini agar aku bisa mendengar suaramu dengan lebih jelas,”jawab Serigala.
          “Terus kenapa mata Nenek besar sekali?”tanya Kerudung Merah curiga.
          “Ini karena aku ingin bisa melihatmu dengan lebih jelas, Cu,”balas Serigala.
          “Tapi kenapa tanganmu jadi semakin besar begini, Nek?”timpal Kerudung Merah terus bertanya seperti tak puas dengan jawaban Serigala.
          “Tangan besarku ini agar bisa memelukmu lebih erat, Cu,”jawab Serigala sambil meraih tubuh Kerudung Merah ke dalam dekapannya.
          “Nek, kenapa mulutmu lebar sekali?”tanya Kerudung Merah lagi.
          “Ha…ha…ha… ini semua karena aku ingin bisa dengan mudah menelanmu!”jawab Serigala lantang. Ia lalu menelan bulat-bulat tubuh Kerudung Merah. Ia yang kekenyangan lalu tertidur pulas di ranjang.
          Seorang penebang pohon di hutan yang biasa mampir ke rumah nenek untuk beristirahat atau meminta minum datang dan merasa curiga ketika ucapan salamnya tidak dijawab nenek. Ia malah mendengar dengan jelas suara dengkur Serigala yang kekenyangan.
          Ia lalu masuk dan mendapati binatang jahat itu tidur lelap dengan perut membuncit. Penebang pohon yang penasaran lalu membedah perut Serigala dan berhasil menemukan Nenek dan Kerudung Merah ada di dalamnya. Setelah keduanya berhasil keluar dengan selamat. Ia lalu mengisi perut Serigala dengan beberapa bongkah batu besar. Perut itu kemudian dijahitnya kembali.
          Serigala yang kehausan lalu pergi mencari sungai untuk minum. Namun karena banyak batu diperutnya, ia terjerembab ke sungai dan tenggelam ke dasar sungai karena tidak dapat berenang untuk menyelamatkan diri.

Posting Komentar untuk "Gadis Berkerudung Merah ( Cerita dari Perancis) #kerudungmerah"