Anak Gembala Penipu dan Serigala #anakgembala #serigala


Dulu ada seorang anak gembala yang bekerja pada tuannya dengan menggembalakan domba di padang rumput dekat hutan. Untuk membuang sepi dan kebosanan, ia selalu membawa seruling dan anjing kesayangannya.
Suatu hari ketika dia tengah memainkan serulingnya, dia melihat seekor serigala muncul dari dalam hutan. Namun serigala itu kembali masuk ke dalam hutan setelah tidak berhasil melewati sungai yang deras airnya.
Sejak saat itu, si anak gembala selalu berpikir untuk menemukan cara mengusir serigala seandainya binatang itu benar-benar datang untuk memangsa domba-domba yang ia gembalakan.
Ia lalu teringat pesan tuannya jika dia melihat serigala menyerang kawanan dombanya, sebaiknya dia berteriak saja untuk meminta pertolongan orang-orang sekampung. Mereka pasti akan datang membantunya.
Anak gembala itu lalu berpikir untuk menguji cara tersebut apakah bisa berjalan atau tidak. Ia lalu berpura-pura melihat serigala dan berteriak memanggil orang untuk datang untuk membantunya.
"Serigala, serigala! Tolong…!!! Ada serigala!"teriaknya kencang-kencang sambil berlari ke arah kampungnya.
Dan ternyata orang-orang kampung yang mendengar teriakannya, langsung datang ke sumber suara untuk memberi bantuan. Melihat hal itu  anak gembala  tertawa senang karena ternyata rencananya berhasil. Namun orang-orang kampung yang sedang sibuk itu tampak kecewa dengan sikap anak gembala.           
Beberapa hari kemudian, anak gembala itu kembali melakukan hal yang sama. Dan meskipun kemarin sempat dikecewakan, warga tetap berdatangan untuk membantu mengusir atau jika bisa menangkap serigala pengganggu.
“Oh, ternyata cuma pura-pura saja….,”gumam mereka sambil menahan amarah. Merekapun kembali melanjutkan aktivitasnya.
Pada suatu siang ketika anak gembala tengah memainkan serulingnya, serigala yang ditakutkan olehnya  benar-benar datang ke tempat itu. Entah bagaimana caranya ia melewati sungai yang cukup deras. Ia lalu menerkam seekor domba dan memakannya dengan lahap.
Anak gembala yang ketakutan melihat kedatangan serigala  itu lalu berlari ke arah kampung dan berteriak-teriak meminta pertolongan, "Serigala! serigala! Tolong ada serigala yang memangsa dombaku!" teriaknya parau.
Tetapi walau sekeras apapun suaranya,  orang-orang kampung tidak ada yang peduli. Mereka tetap sibuk dengan kegiatannya masing-masing.
"Ini yang ketiga kalinya anak gembala jahil itu mau menipu kita," ketus seorang petani yang sedang mencangkul sawah kepada temannya.
“Biarkan saja. Nanti jika diladeni ia akan semakin menjadi-jadi!”timpalnya sambil melanjutkan kembali pekerjaannya.
Si anak gembala kali ini hanya bisa menangis pilu menyaksikan dua ekor dombanya dimangsa serigala yang kelaparan. Ia bingung harus berkata apa pada tuannya nanti.

Posting Komentar untuk "Anak Gembala Penipu dan Serigala #anakgembala #serigala"