ANGSA BERTELUR EMAS #angsa #teluremas


Alkisah, tersebutlah  seorang petani yang paling beruntung di dunia. Karena pada suatu hari di dekat rumahnya muncul  seekor angsa yang sangat cantik. Iapun menangkap dan memasukannya ke dalam kandang. Angsa itu lalu diberi makan hingga kenyang.
          “Mudah-mudahan kamu betah tinggal disini,”gumam sang petani senang sekali melihat angsa itu.
Keesokan harinya, ia bergegas bangun dari tidurnya setelah ayam jagonya berkokok kencang. Ia langsung melihat angsa yang kemarin ia tangkap. Namun betapa terkejutnya ia ketika melihat sebutir telur emas berkilauan ada di kandang angsa itu.
Ia langsung berteriak-teriak memanggil istrinya yang masih tertidur. Mereka terkejut tapi juga senang bukan main.
“Ada apa, Pak? Pagi-pagi sudah bikin keributan?”tanya istrinya sambil menggosok-gosok matanya yang masih setengah terpejam.
“Lihat, Bu! Angsa yang aku tangkap kemarin ternyata bukan angsa biasa. Lihatlah ternyata ia bisa bertelur emas, Bu!”jawab petani girang bukan main. Angsa itu lalu rutin bertelur setiap hari.
Petani  lalu mengumpulkan telur itu dan menjualnya dengan harga yang sangat tinggi sehingga dalam waktu yang singkat ia dan istrinya menjadi kaya raya.
Namun meskipun mereka telah bergelimang harta, mereka tetap tidak mau bersyukur. Justru kini muncul sifat serakah dalam diri petani dan istrinya itu.  Mereka merasa angsa itu terlalu sedikit bertelurnya jika hanya satu butir sehari. Mereka ingin lebih banyak.
Mereka lalu memotong angsa itu dengan harapan dapat mengambil telur yang lebih banyak di dalam perutnya. Sayangnya dugaan mereka keliru. Tidak ada sebutir telurpun di dalam perut sang angsa. Kini mereka sudah tidak bisa mendapatkan telur emas lagi karena angsanya sudah mati akibat sikap rakus dan kebodohan mereka sendiri.

Posting Komentar untuk "ANGSA BERTELUR EMAS #angsa #teluremas"