Asal Usul Kota Semarang #semarang


Pada masa kerajaan Demak, di Jawa Tengah, hiduplah seorang pangeran  bernama Raden Made Pandan. Selain sebagai bangsawan beliau juga dikenal sebagai seorang ulama yang cukup disegani. Raden Made Pandan mempunyai seorang putra yang bernama Raden Pandanarang. Ia adalah anak yang baik dan penurut.
Pada suatu hari,  Raden Made Pandan mengajak anaknya dan beberapa pengiringnya untuk meninggalkan kesultanan Demak menuju kearah barat untuk mencari tempat tinggal baru.
Mereka lalu menemukan sebuah daerah yang masih berhutan lebat. Namun mereka merasa cocok dengan tempat itu sehingga hutanpun dibuka lalu didirikan pondok pesantren dan lahan pertanian untuk bertahan hidup.
Daerah itupun berkembang pesat semakin ramai terutama oleh orang-orang yang ingin menimba ilmu di pondok pesantren.
Sementara itu Raden Made Pandan yang sudah semakin tua lalu berpesan pada putranya agar meneruskan perjuangannya memajukan daerah itu serta mengembangkan agama Islam kepada banyak orang.
Selain sebagai ulama, Raden Pandanarang sangat peduli dengan dunia pertanian. Ia berhasil mengembangkan tempat itu menjadi daerah pertanian yang maju dan besar hasilnya.
Ia sering bekerja sama menggarap lahan pertanian dengan para pengikutnya. Namun meskipun hasil pertaniannya cukup baik, ternyata ada beberapa pohon asam yang tumbuh saling berjauhan (arang). Semua orang tidak bisa memahami keanehan tersebut begitu juga dengan Raden Pandanarang.
Dan untuk mengenang peristiwa tersebut maka beliau memberi nama daerah itu Semarang yang asalnya dari kata Asem yang jarang-jarang atau bahasa Jawanya arang.
Hingga kini Semarang telah tumbuh menjadi ibukota Propinsi Jawa Tengah yang maju dan modern.

1 komentar untuk "Asal Usul Kota Semarang #semarang"

Ricard-O-miloS 23 Maret 2020 pukul 06.23 Hapus Komentar
ijin copy paste ya....

hehehehehe