AYAM JANTAN YANG SOMBONG DAN BURUNG ELANG #ayamjantan #elang


Di sebuah sudut desa yang tenteram, hiduplah dua ekor ayam jantan yang saling bermusuhan dan sering berkelahi di antara keduanya karena hal yang sepele. Keduanya milik petani paling kaya di desa itu.  
Pada suatu hari, mereka memulai pertengkaran dan kembali berkelahi, saling serang, mematuk dan mencakar. Mereka berkelahi terus. Membuat keributan dan kekacauan sehingga hewan-hewan piaraan lainnya milik pak tani marah karena ketidak nyamanan itu. Merekapun mengusir keduanya keluar peternakan.
Namun perkelahian bukannya berhenti tapi malah semakin sengit.
“Tidak. Buluku itu jauh lebih indah daripada punyamu. Bulumu jelek sekali!”teriak ayam jantan berbulu merah. Ayam jantan berbulu putih tidak mau menerima pendapat lawannya itu. Jadi keributan mereka kali ini gara-gara memperebutkan siapa yang memiliki bulu terindah. Dan itu baru bisa berhenti setelah  salah satunya di kalahkan dan lari menjauh ke sudut untuk bersembunyi.
Sudahkah percekcokan itu selesai? Ternyata belum. Mereka pasti akan kembali bertarung esok hari jika sudah sehat kembali. Tentu saja dengan permasalahan yang berbeda. Sebuah masalah yang sebenarnya tidak penting untuk dibicarakan.
Nah, untuk kali ini ayam jantan merah yang memenangkan perkelahian itu. Maka dengan bangganya  ia terbang ke atap kandang, dan mengepak-kepakkan sayapnya dengan gagah. Ia berkokok berkali-kali dengan kerasnya seolah-olah dia adalah ayam jantan paling tampan dan kuat di seluruh dunia.
Ia bahkan tidak menyadari jika di langit sana ada seekor burung elang raksasa yang sedang terbang  mencari mangsa. Akhirnya elang  melihat ayam tersebut di atas atap. Ia lalu turun dan menyambar ayam jantan yang jadi pemenang tadi untuk dibawa ke sarangnya. Menjadi santapan istri dan anak-anaknya hari itu.
Ayam jantan putih lawannya yang sedari tadi bersembunyi hanya bisa memandang ngeri peristiwa tersebut. Kini ia jadi pemenang sesungguhnya karena besok-besok ia tidak akan punya lawan bertengkar lagi. Untuk selamanya malah. (AESOP)

Posting Komentar untuk "AYAM JANTAN YANG SOMBONG DAN BURUNG ELANG #ayamjantan #elang"