Burung Gagak Yang Ingin Sekuat Elang (Aesop) #gagak #elang #aesop


Burung gagak mendengar bahwa di hutan tinggal seekor burung yang sangat kuat. Burung terkuat di dunia kata orang-orang. Hal itu membuatnya penasaran. Maka pergilah ia ke tempat dimana burung yang kuat itu sering berburu mangsanya. Burung elang namanya. Burung itu menunjukan kemampuanya di hamparan padang rumput yang luas.
          Ada banyak domba di sana. Mencari makan dengan santai. Beberapa anak domba berlarian kesana kemari tanpa menyadari bahaya yang mengancam. Elang perkasa terbang tinggi lalu menukik turun menyambar seekor domba kecil yang sedang tiduran di rumput. Dengan kekuatannya ia membawa domba kecil itu untuk dijadikan santapan makan siang.
          Burung gagak tiba-tiba merasa bahwa ia juga bisa melakukan hal sama seperti yang dilakukan burung elang bahkan jauh lebih kuat. Maka terbanglah dia ke atas lalu menukik tajam mencari mangsa. Ia tidak mengincar domba kecil tapi malah domba dewasa yang jauh lebih berat.
          Kukunya yang tajam lalu mencengkeram seekor domba dewasa. Namun burung gagak kesulitan mengangkat domba itu. Ia tidak punya cukup tenaga untuk mengangkatnya. Justru cakarnya yang tajam terjerat pada bulu domba dan sulit untuk dilepaskan. Ia tidak bisa terbang lagi. Dan hanya berdiri saja dipunggung domba itu. Namun karena kepanasan akhirnya ia berontak sekuat tenaga agar bisa terbang lagi.
          Sayangnya tetap saja gagal. Hingga ada seorang penggembala yang melihatnya. Burung gagak ditangkap lalu di bawa pulang. Anak-anaknya senang melihat mainan baru. Burung gagak lalu dimasukkan ke dalam sangkar.
          “Ini burung apa, Pak? Kok bulunya gelap begini?”tanya seorang anaknya.
          “Itu burung gagak. Tapi kalo kamu tanya dia, maka gagak akan menjawab aku adalah elang yang perkasa. Aku burung terkuat di muka bumi!”jawab bapaknya. Sang anak tersenyum.

2 komentar untuk "Burung Gagak Yang Ingin Sekuat Elang (Aesop) #gagak #elang #aesop"

kenan 14 Maret 2022 pukul 19.00 Hapus Komentar
watak burung gagaknya apa ya ?
kenan 14 Maret 2022 pukul 19.07 Hapus Komentar
watak nya burung gagak apa ya sama amanat yang terkandung dalam cerita nya ?