PERAMAL TUA YANG SOK PINTAR #peramal


Kakek peramal itu sangat terkenal di desanya akan kepandaiannya meramal masa depan dengan memperhatikan susunan bintang di langit. Banyak orang yang percaya lalu datang padanya untuk menanyakan banyak hal. Mereka datang dari berbagai penjuru dengan berbagai jenis keperluan.
“Lihatlah bintang-bintang di langit itu, cerah seperti masa depanmu kelak. Menurut penglihatanku, kamu akan sukses di kota nanti,”ramal kakek itu pada seorang pemuda yang ingin pergi merantau tapi merasa ragu karena baru sekali ini ia akan keluar dari desanya untuk mencari penghidupan yang lebih baik di kota.
“Terimakasih, Kek. Sekarang aku jadi semakin yakin. Besok aku akan langsung berangkat,”balas pemuda itu bahagia. Ia lalu pamit dan tidak lupa membayar sejumlah uang atas ramalan kakek yang menurutnya sangat memuaskan.
Begitulah kakek peramal bekerja dan mendapat imbalan atas usahanya itu. Namun entah kenapa ia kurang disukai oleh warga desa. Mungkin karena mereka tidak setuju dengan tindakannya itu.
Hingga pada suatu malam saat kakek peramal berjalan-jalan hingga pinggiran desa. Ia terus memandangi bintang-bintang di langit. Pikirannya terus berputar untuk menebak masa depan dari apa yang ia lihat. Kakek peramal jadi kurang hati-hati. Karena tidak memperhatikan jalan iapun terperosok ke lubang dalam penuh lumpur dan air.
Sang peramal ternyata masuk ke dalam lumpur hidup. Semakin ia bergerak semakin dalam tubuhnya tenggelam di dalam lumpur. Ia terus berusaha menggapai tepian tetapi gagal.
Peramal malang itu lalu berteriak-teriak meminta bantuan. Orang-orangpun berdatangan untuk menolongnya. Maka dengan cepat kakek peramal berhasil diselamatkan.
"Kakek selalu berakting dapat  membaca masa depan dengan memperhatikan bintang-bintang. Celakanya apa yang ada dibawah kaki kakek tidak mampu dilihat dengan benar! Mungkin lebih kakek membiarkan saja masa depan berjalan sebagaimana mestinya,"nasehat seorang penduduk yang telah berhasil menolongnya.
            "Ya, aku setuju denganmu. Karena apa gunanya kita bisa membaca bintang-bintang dan meramal masa depan tetapi kita sendiri tidak bisa melihat apa yang terjadi di sekeliling kita sendiri?"timpal seorang lainnya.

Posting Komentar untuk "PERAMAL TUA YANG SOK PINTAR #peramal"