SINGA DAN KELINCI TUA YANG BIJAKSANA #singa #kelinci


Alkisah, di sebuah hutan ada seekor singa yang sombong dan kejam. Ia menganggap bahwa dirinya adalah raja hutan yang harus di hormati oleh siapapun.
Setiap hari, ia pergi berburu dan membunuh banyak hewan untuk dimangsanya. Karena itu, semua binatang yang tinggal di hutan menjadi khawatir. Mereka juga terus dicekam rasa takut. Tidak ada yang berani berjalan-jalan di hutan. Semuanya mengungsi ke tempat yang lebih aman atau diam bersembunyi di sarang.
Untuk menanggulangi masalah tersebut, mereka lalu mengadakan pertemuan.
“Jika singa terus melakukan ini, maka tidak akan ada lagi binatang yang akan bertahan hidup di hutan ini. Semuanya akan habis tak bersisa,”jelas Jerapah, hewan yang paling tinggi dan yang paling aman dari serangan singa. Namun demikian ia memang tidak bisa melindungi teman-teman hewan lainnya.
Dari hasil rapat tersebut mereka memutuskan untuk mendekati singa dan mengajukan sebuah tawaran. Setiap hari, mereka janji akan mengirimkan satu hewan ke sarang singa untuk jadi mangsanya.
Tujuannya adalah agar sisa hewan yang tidak dijadikan umpan singa pada hari itu bisa merasa tenang, dan singa tidak perlu pergi berburu keliling hutan sehingga membuat hewan-hewan cemas dan ketakutan.
Singa ternyata menyetujui rencana itu. Maka sejak hari itu, singa akan menunggu saja di sarangnya sementara yang lain mengirim seekor hewan untuk ia makan.
 Setelah beberapa hari, telah banyak hewan yang menjadi korban hingga akhirnya, kini giliran kelinci yang sangat tua tapi bijak dan juga cerdas. Ia dibawa untuk menjadi santapan singa pada hari itu.
Namun berbeda dengan yang lain, kelinci tua memutuskan untuk tidak menjadi mangsa tetapi justru akan mengakhiri semua kekejaman ini. Ia lalu meminta Monyet yang akan membawanya untuk tidak usah ikut.
“Kalian tunggu saja kabar dariku setelah pulang dari rumah singa,”pesan Kelinci tua pada Monyet dan hewan-hewan lainnya. Ia lalu mengambil rute yang lebih panjang agar sampai di tempat  singa tidak terlalu cepat.

Tentu saja hal itu membuat Singa yang lapar menjadi marah dan mengaum keras pada kelinci. Singa bertanya mengapa Kelinci terlambat. Kelinci menjawab kenapa ia datang terlambat sebab di jalan ada seekor singa yang lebih kuat mengejarnya.
“Singa itu mengaku sebagai raja hutan yang baru dan ia akan datang untuk menaklukan dirimu!”lanjut Kelinci tua membuat panas kuping singa.
Singa kemudian meminta kelinci untuk menunjukkan kepadanya di mana singa yang lain itu berada. Kelinci tua lalu membawa singa ke sebuah sumur. Ia menunjuk ke dalam sumur dan memberi tahu singa bahwa singa yang lain itu ada di dalam sana sedang mandi.
Dengan penasaran dan perasaan jengkel Singa melihat ke dalam sumur. Disana ia bisa melihat bayangannya sendiri. Namun ia tidak menyadari hal itu. Singa justru mengira itu adalah singa lain yang dimaksud oleh Kelinci Tua.
Singa meraung marah, dan itu juga diikuti oleh bayangannya yang ada di dalam sumur. Hal itu membuat amarah Singa semakin memuncak.
Maka tanpa pikir panjang lagi, ia  melompat ke sumur untuk bertarung dengan singa lawannya yang sebenarnya adalah bayangannya sendiri.
Singa itu lalu mati tenggelam karena kebodohannya. Kelinci tua yang lemah terbukti mampu menaklukannya dengan mudah berkat kebijaksanaan dan kejernihannya berpikir.
Maka sejak saat itu, keadaan hutan kembali aman seperti sedia kala. Mereka semua sudah bisa bebas bermain.

Posting Komentar untuk "SINGA DAN KELINCI TUA YANG BIJAKSANA #singa #kelinci"