Burung Merak Yang Sombong #merak


Dahulu kala ada seekor burung merak yang cantik, berjalan dengan kepala tegak angkuh. Terlihat benar kesombongannya. Semua hewan yang berpapasan dengannya berdecak kagum dan memuji habis-habisan penampilannya.

Burung Merakpun jadi semakin percaya diri. Seekor harimau lapar yang hendak memangsanyapun terpaksa mengurungkan niat hanya karena tidak tega memakan mangsa yang demikian indahnya itu.

“Tidak untuk yang satu ini. Oh, cantik sekali bulunya. Sungguh aku belum pernah melihat bulu burung seindah itu,”gumam Harimau sambil geleng-geleng kepala.

Burung Merak semakin tinggi hati. Ia memandang burung yang lain lebih rendah dari dirinya. Sampai dia bertemu seekor burung bangau yang tengah mencari mangsa di sawah kotor.

“Oh, malang benar nasibmu, Teman! Sudah bulumu hanya satu warna yang kusam. Kaupun kerjaannya hanya di lumpur yang kotor dan bau. Sungguh aku tidak tega melihatmu,”ucap Burung Merak mengomentari keadaan Burung Bangau.

Burung Bangau tidak menjawab. Ia hanya tersenyum. Ia lalu merentangkan sayapnya lebar-lebar dan terbang ke langit biru yang indah.

"Memang benar, aku tidak memiliki semua keindahan itu. Tapi aku bisa terbang bebas dan menikmati keindahan dunia dari atas sini. Bisakah kau seperti aku, wahai, Burung Merak yang cantik?”jawab Burung Bangau dari ketinggian.

Kali ini Burung Merak yang tidak bisa berkata apa-apa lagi. Ia memang jenis burung yang tidak bisa terbang.

Posting Komentar untuk "Burung Merak Yang Sombong #merak"