Rumah Terbaik Milik Kura-Kura atau Burung? #rumahterbaik #kura-kura #gajah


Pada suatu hari, ada seekor kura-kura yang sedang beristirahat di bawah sebuah pohon. Ketika mendongak ke atas, ia melihat ada  seekor burung yang sedang sibuk membangun sarangnya.
Kura-kura lalu  berbicara kepada burung itu dengan mengejek, “Oh, betapa menyedihkannya rumah kumuhmu itu,  wahai burung sahabatku! Kau buat dari ranting yang rusak. Tanpa atap sama sekali.  Juga sama sekali tidak rapi. Parahnya kau harus membuatnya sendiri. Tidak seperti aku yang sudah punya rumah sejak lahir karena langsung menempel ke tubuhku.”
Kura-kura memang memiliki tempurung yang keras di punggungnya. Yang selalu ia bawa kemanapun pergi. Jika terancam, ia akan masuk ke dalam tempurungnya sehingga akan aman dari bahaya.
“Memang benar, rumahku ini jelek dan kumuh tapi aku tetap bangga karena ini hasil karyaku sendiri. Sehingga aku tidak merepotkan orang lain,"balas burung itu santai.
"Jangan terlalu bersedih, saya kira rumahmu tidak jauh berbeda dengan binatang lainnya,"timpal Kura-kura.”Hanya saja mereka memang iri dengan rumah cangkangku yang kokoh ini!”
"Saya akui, rumahmu memang kuat dan cantik, teman. Namun sebaliknya…"jawab burung itu. “Rumahku ini  memiliki ruang yang luas untuk keluarga dan teman-temanku,  sementara cangkang rumahmu itu hanya muat untuk dirimu sendiri. Tidak bisa berbagi  dengan yang lain. Kamu selalu kesepian dan tidak bisa merasakan kehangatan bersama keluargamu yang lain.”
Sang burung lalu terbang untuk mengumpulkan ranting-ranting pohon dan dedaunan untuk merapihkan rumahnya.

Posting Komentar untuk "Rumah Terbaik Milik Kura-Kura atau Burung? #rumahterbaik #kura-kura #gajah"