Buaya Tembaga (Cerita dari Maluku) #buaya #maluku



Pada jaman dahulu, ada seekor buaya raksasa yang hidup di Teluk Baguala. Warnanya kuning cerah seperti emas. Ia dikenal masyarakat dengan nama Buaya Tembaga. Ternyata tidak hanya kulitnya yang berkilau seperti emas. Ia juga berhati emas karena tidak pernah memangsa binatang-binatang yang mendiami Teluk Baguala itu. Buaya Tembaga justru melindungi mereka dari serangan pemangsa buas lainnya.
Hal itu membuat namanya terkenal hingga ke pesisir selatan Pulau Biru. Tempat dimana banyak hewan disana ketakutan setengah mati akibat ulah seekor ular besar yang memangsa banyak binatang dengan rakusnya. Mereka lalu mengutus seekor ikan untuk menemui Buaya Tembaga. Meminta pertolongan darinya untuk mengusir ular kejam tersebut.
Setibanya di kediaman Buaya Tembaga, ikan tersebut langsung mengutarakan maksud kedatangannya. Buaya Tembaga mendengarkan dengan seksama cerita dari ikan tersebut.
“Baiklah jika situasinya seperti itu. Aku akan bantu kalian sebisaku. Ayo kita langsung saja berangkat agar tidak jatuh korban lebih banyak lagi,”ucap Buaya Tembaga dengan senang hati membantu.
Mereka harus menempuh perjalanan yang panjang dan melelahkan. Setelah sampai dan beristirahat hingga kondisinya pulih, Buaya Tembaga ditemani oleh banyak ikan mendatangi sarang Ular Raksasa yang banyak memangsa binatang tersebut.
Terjadilah pertarungan seru yang menggetarkan hati. Kedua hewan raksasa tersebut bergulat seru di tepi sungai hingga airnya memercik kemana-mana dan berubah keruh. Tak lama kemudian air berubah menjadi merah. Ternyata itu berasal dari luka yang diderita Ular Raksasa. Iapun menyerah dan pergi meninggalkan tempat itu.
Kemenangan Buaya Tembaga menjadi kebahagiaan tak terhingga para penghuni Teluk Baguala. Hingga saat ini penduduk di daerah itu percaya jika muncul Buaya Tembaga di tempat itu maka ia akan diikuti oleh penampakan banyak ikan yang menyertainya.

Posting Komentar untuk "Buaya Tembaga (Cerita dari Maluku) #buaya #maluku"