Nasredin Mengajari Keledai Membaca #Nasredin #keledai


Pada suatu hari, Raja memberikan seekor keledai untuk Nasredin. Tentu saja dengan senang hati ia menerimanya. Namun ternyata ada maksud tertentu dibalik pemberian itu.
“Aku tahu kamu orang yang pintar. Kamu punya pengetahuan yang luas. Oleh karena itu aku ingin kamu ajari keledai ini membaca. Jika berhasil aku akan membelinya kembali dengan harga yang lebih mahal. Namun jika gagal aku akan menjatuhkan hukuman yang berat untukmu, Nasredin,”jelas Raja setengah mengancam. Rupanya ia masih penasaran ingin mengalahkan Nasredin Hoja setelah berkali-kali berhasil di kelabui olehnya.
“Sungguh suatu pekerjaan yang berat, Baginda. Tapi baiklah aku akan mencobanya semampu saya. Beri saya waktu dua bulan dan mudah-mudahan keledai ini sudah bisa membaca dengan baik,”jawab Nasredin kalem. Ia mencoba setenang mungkin meski sesungguhnya hatinya was-was. Raja tersenyum kemenangan melihat wajah pucat Nasredin.
Dua bulan kemudian, Nasredin datang kembali ke istana. Rupanya Raja telah menyiapkan sebuah buku besar untuk mengetes keledai itu. Tanpa ragu Nasredin langsung mengambil buku itu dan menghadapkannya di depan keledai. Hewan itu lalu mulai membuka lembar demi lembar halaman di buku itu dengan lidahnya. Dan setelah lembar terakhir ia menatap Nasredin dengan pandangan kecewa.
“Lihat Baginda, keledaiku sekarang sudah mampu membaca,”ucap Nasredin bangga. Raja berdiri dan memandang penuh keheranan. Seolah tak percaya dengan apa yang baru saja dia lihat.
“Hebat sekali. Bagaimana caramu mengajari binatang bodoh ini?”tanya Raja kecut.
“Dia mau membuka lembaran-lembaran buku ini karena berharap ada makanan didalamnya. Aku melatihnya setiap hari dengan menggunakan makanan itu sehingga lama kelamaan ia berpikir bahwa makanannya ada di dalam lembaran-lembaran buku ini,”terang Nasredin mencoba memecahkan teka-teki sulit di kepala Raja.
“Tapi bukankah dia tidak mengerti isi buku ini?”tanya Raja masih belum memahami.
“Itulah bedanya kita dengan keledai. Kalau kita membaca buku dan tidak mengerti artinya, kita sama tololnya dengan keledai ini, kan?”jawab Nasredin sambil tersenyum.
Raja mengangguk-angguk senang. Sesuai janjinya iapun membeli kembali keledai itu dengan harga yang sangat mahal. Ia juga memberikan tambahan hadiah yang banyak untuk Nasredin.

Posting Komentar untuk "Nasredin Mengajari Keledai Membaca #Nasredin #keledai"