AKIBAT VIRUS CORONA #corona


Corona, Virus, Pandemi, EpidemiSejak ada kejadian banyak orang meninggal karena Virus Corona di China, banyak orang menjadi lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kebersihan.
Ada yang langsung membeli masker pelindung. Ada yang langsung bersih-bersih seluruh rumahnya agar tidak ada lagi virus mematikan itu tinggal di rumah kesayangannya itu. Namun ada juga yang santai dan tidak peduli dengan semua itu.
Begitu juga dengan Dani dan keluarganya. Mereka menjadi lebih peduli dengan kebersihan sekarang. Bahkan terlalu peduli malah.
Hal itu tentu saja berbeda dengan Dani. Ia tetap saja santai makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Padahal ia baru saja pulang bermain dari rumahnya Eko. Dengan santainya ia ke ruang makan dan mengambil makanan karena sudah cukup kelaparan.
“Dani, cuci dulu tanganmu! Kamu baru dari luar. Di sana kotor dan banyak virus. Kamu harus cuci tangan dulu pakai sabun agar virus itu mati dan tidak masuk ke tubuhmu!”ucap ibunya  mengingatkan.
Meski malas, Dani menuruti saja perintah ibunya. Ia tidak ingin jadi anak durhaka yang suka membantah orang tuanya.
Suatu sore ia baru pulang bermain bola dengan baju kotor penuh lumpur. Dengan santainya ia hanya mencuci kaki dan tangan lalu berganti baju. Karuan saja ibunya menjadi marah dan khawatir dengan hal itu.
“Dani, kamu langsung mandi saja sampai bersih. Gunakan sabun dan shampoo untuk membersihkan rambutmu sekalian. Baru bisa main lagi,”perintah ibunya dengan nada tinggi.
“Tapi ini baru jam tiga, Bu”
“Sudah, jangan membantah lagi! Ini juga demi kebaikanmu, kan?”
Mendengar hal itu, Dani sudah tidak berani mendebat. Iapun balik ke kamar mandi dan bersih-bersih badan seperti perintah sang ibu tersayang.
Akhirnya karena penasaran, Dani langsung buka internet untuk mengetahui apa sebenarnya Virus Corona itu.
“Kenapa, sih, kamu ribut sekali dengan masalah ini?”tanya Eko, sahabatnya yang laptopnya dipinjam Dani untuk membuka internet.
“Karena keluargaku jadi trauma dengan virus ini. Mereka pikir virus itu bisa dengan mudah terbang ke sini hanya dengan tiupan angin saja,”jawab Dani sekenanya. Ada nada marah di sana. Eko hanya mengernyitkan dahi saja mendengarnya. Ia tahu sahabatnya itu jadi sangat terganggu.
Mereka lalu mengetikkan beberapa kata kunci di Google untuk mengetahui virus apa itu sebenarnya yang beberapa minggu ini menggemparkan tidak hanya di China tapi di seluruh dunia.
Ternyata virus corona merupakan kelompok virus yang biasanya menyerang hewan seperti kelelawar atau ular. Namun kali ini ternyata virus itu bisa menular ke manusia.
Ia lalu menular ke manusia lain yang berhubungan dengannya melalui sentuhan seperti batuk atau berjabat tangan. Karena itu kita harus menghindari kontak dengan penderita dan harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Kita juga harus makan makanan yang bergizi.
Semua informasi itu  lalu disusun rapih oleh Dani dan dicetak. Satu untuk keluarganya sementara satunya lagi di tempel di mading sekolah agar teman-temannya juga tahu dan bisa berjaga-jaga agar tidak tertular penyakit berbahaya itu.
“Terimakasih, Dan. Ibu jadi lebih tahu sekarang. Apa sebenarnya virus corona yang berbahaya itu,”ucap Ibu sambil tersenyum dan membelai lembut kepala Dani.
Dani mengangguk-angguk gembira. Ia berharap Ibu tidak cerewet terus membahas masalah ini. Sehingga dirinya bisa menjalani hidup dengan tenang.

Posting Komentar untuk "AKIBAT VIRUS CORONA #corona"