KAMBING YANG BIJAK #kambing


Kambing, Hewan, Tanduk, Hitam Dan PutihPada suatu hari, di atas sebuah sungai yang berarus deras, tepatnya di sebuah jembatan gantung yang sempit, bertemulah dua ekor kambing yang hendak menyeberangi jembatan. Mereka bertemu di tengah jembatan itu dan sama-sama tidak mau mengalah.
“Sebaiknya kau kembali saja!,”hardik kambing berwarna hitam,”Tidak ada ruang untuk kita berdua. Kau harus mengalah dan membiarkan aku menyeberang terlebih dahulu,”imbuhnya lagi.
“Kenapa harus aku yang kembali? Kenapa tidak kau saja?,”tanya kambing berwarna putih.
“Kau yang harus kembali dan memberiku jalan karena aku lebih kuat darimu,”jawab si hitam penuh percaya diri.
“Oh ya? Aku kira kau tidak lebih kuat daripada aku,”balas si putih tidak gentar dengan gertakan musuhnya itu.
“Kalau kau tidak percaya, ayo kita buktikan ucapanku! Kita bertarung sekarang juga,”balas si hitam emosi. Ia lalu memasang kuda-kuda dan siap menyeruduk si putih dengan tanduknya yang kokoh dan tajam.
“Hentikan! Jika kita bertarung, jembatan ini pasti ambruk karena tidak akan kuat menahan beban kita. Kita bisa jatuh dan mati sia-sia karena tindakan bodoh ini. Kau tentu tidak ingin begitu, bukan?,”ucap si putih mencoba bersikap bijak. Lebih menggunakan akal sehat daripada emosinya.
“Aku punya rencana yang bagus. Aku akan berbaring agar kau bisa melewati tubuhku dan setelah itu aku juga bisa melanjutkan perjalananku tanpa harus kembali ke awal,”jelas si putih sambil tersenyum. Ia mencoba meredakan ketegangan.
Si hitam diam sejenak dan berpikir. Akhirnya tak lama setelah itu, ia mengangguk-angguk setuju dengan rencana si putih. Maka setelahnya, si putih berbaring di jembatan lalu dengan hati-hati si hitam melangkah di atasnya.
Akhirnya keduanya berhasil melewati jembatan dengan aman.

Posting Komentar untuk "KAMBING YANG BIJAK #kambing"