BIKSU MUDA YANG SANGAT MALAS (CERITA DARI LAOS) #biksu



Meditasi, Agama Buddha, Monk, CandiKham adalah seorang biksu muda yang sangat malas. Kerjaannya hanya  tidur-tiduran sepanjang hari. Ia sering melupakan tugas dan kewajibannya.
Padahal kepala biara menugaskan Kham untuk membersihkan semua kotoran ayam yang ada di halaman kuil. Kham memang segera bekerja setiap kali diperintah, namun kemudian ia segera pula meletakkan sapunya setelah kepala biara pergi dan  tidak terlihat lagi.
Suatu siang, kepala biara mendapati Kham sedang tidur pulas. Padahal ia melihat masih banyak kotoran ayam yang belum disapu. Ia lalu memanggil si pemalas itu dan mengancam,”Jika besok aku masih menemukan sepotong kotoran ayam yang belum disapu, maka kamu harus memakannya!”
 Kham hanya bisa menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal. Esok harinya Kham memanaskan gula aren sampai potongan-potongan yang terbakar menyerupai kotoran ayam. Gula aren itu lalu disebarnya di segenap penjuru sebelum ia  kembali tidur.
Ketika kepala biara menemukannya sedang tertidur, dia sangat marah dan menghukum Kham untuk memakan kotoran-kotoran itu. Kham yang licik memakan sepotong gula aren tersebut  lalu dia makan potongan yang lain tanpa merasa jijik sama sekali.
Hal  itu membuat kepala biara penasaran. Ia lalu ikut mencoba sepotong dan ternyata rasanya manis. Tak kalah akal ia lalu menyuruh Kham untuk menyapu semua kotoran dan menaruhnya di piring untuk dihabiskan.
 Kham mematuhinya. Ia pun menyapu seluruh halaman lalu menaruhnya di atas piring. Namun sebelum dimakan kepala biara telah meludahi dulu seluruh gula aren yang mirip kotoran ayam itu.
“Silahkan kau habiskan semua santapan lezat ini!”serunya dengan nada tinggi. Kham hanya bisa tertegun setengah tak percaya. Sifat malasnya memang sangat keterlaluan. Membuat banyak orang jadi emosi.

Posting Komentar untuk "BIKSU MUDA YANG SANGAT MALAS (CERITA DARI LAOS) #biksu"