Nasredin Masuk Surga #ceritalucu

Donkey, Ilustrasi, Menggambar, Hewan
          Pada suatu hari ketika pulang dari ladang, Nasredin bertemu dengan seseorang yang katanya bisa meramal kematiannya.
          “Jika kamu mendengar keledaimu meringkik hingga tiga kali berturut-turut itu artinya ajalmu telah tiba. Malaikat pencabut nyawa akan melaksanakan tugasnya,”ujar orang itu.
          Nasredin ternyata percaya saja dengan ramalan itu. Ia lalu melanjutkan perjalanan pulang dan ditengah jalan tiba-tiba saja keledai yang ditungganginya meringkik hingga tiga kali berturut-turut.
          Nasredin langsung  telungkup ke tanah sementara keledainya mati diterkam seekor serigala kelaparan.
          “Ternyata ajalmu sama denganku. Wah,  kita akan bertemu lagi di surga,”gumam Nasredin. Ia terus saja berbaring di tanah hingga malam hari.
          Istrinya yang khawatir lalu meminta bantuan penduduk untuk mencarinya. Namun setelah berhasil ditemukan, Nasredin menolak untuk dibawa pulang.
          “Aku sudah mati istriku. Kau harus sabar dan mau menerima kenyataan ini. Maka segera saja kau urus pemakamanku,”perintah Nasredin pada istrinya.
          Istrinya mencoba bersabar. Iapun menuruti semua kemauan Nasredin. Namun setelah tubuh suaminya itu masuk ke peti mati dan turun ke pemakaman. Ia meminta penduduk agar tidak menutupi lubang makam dengan tanah. Lubang itu dibiarkan saja terbuka dengan harapan Nasredin bisa segera menyadari kekeliruannya dan kembali ke rumah.
          Malam harinya, Nasredin yang sedang duduk termenung dikejutkan oleh kehadiran seekor keledai yang mengangkut barang pecah belah lewat di pemakaman. Suaranya begitu berisik dan ia diikuti oleh seorang lelaki.
          Namun kehadirannya ternyata mengagetkan keledai yang tengah kelelahan mengangkut barang-barang dagangan itu. Hewan itu meringkik keras lalu lari tunggang langgang. Barang-barang jualan milik tuannya berhamburan kemana-mana. Pecah berantakan tidak berguna lagi.
          Tentu saja penjual itu jadi naik pitam melihatnya. Ia  lalu memukuli Nasredin hingga ia tak tahan dan lari ke rumah.
          “Kenapa kamu memukuli orang yang sudah mati? Apa salahku padamu?”gumam Nasredin sedih bukan main.
          Sesampainya di rumah, ia disambut dengan suka cita oleh istri dan para tetangganya.
          “Nasredin kau kan sudah pernah tinggal di surga. Ceritakan bagaimana rasanya berada di sana?”tanya para tetangganya itu penasaran.
          “Di surga itu tempatnya sangat menyenangkan. Begitu nyaman, damai dan sejuk sampai muncul seekor keledai membawa barang pecah belah,”jawab Nasredin tersenyum kecut.
         

Posting Komentar untuk "Nasredin Masuk Surga #ceritalucu"