Main Ke Rumah Kakek : Makan Nanas Madu dan Tahu Manfaatnya

 


Selasa kemarin, Anggi main ke rumah kakeknya di Desa Pelangi. Ia di ajak kakek main ke kebun untuk memetik buah nanas madu. Nanas yang bentuknya kecil namun rasa manisnya lebih terasa di bandingkan nanas lainnya.

            Anggi senang sekali. Setelah membersihkan kebun dari tanaman pengganggu, mereka istirahat di gubug bambu. Kakek mengupas nanas madu dengan cekatan. Hanya sebentar tiga buah nanas madu telah siap dimakan. Kakek meletakannya di atas piring yang ada di gubug itu.

            “Selain enak dan segar, apa sih manfaat nanas madu ini, Kek, untuk tubuh kita?”tanya Anggi penasaran sambil memasukan potongan nanas madu ke dalam mulutnya. Kakek menarik kakinya dan bersila sebelum menjelaskan.

            “Oh, manfaatnya banyak, Cu. Dilihat dari kandungannya saja, kita pasti tahu kalau buah ini sangat bermanfaat. Nanas madu itu mengandung Vitamin A dan K. Punya banyak serat. Ada juga kalsium, zinc, fosfor dan bahkan mengandung karbohidrat pula. Sementara itu lemak dan protein serta antioksidan juga ada di dalamnya walaupun sedikit,” jawab Kakek sambil melahap nanas hasil kupasannya.

            “Jadi nanas madu ini bisa membuat kulitmu sehat, segar dan tidak kusam seperti punya kakek yang sudah tua ini. Untuk ibu hamil baik sekali karena bisa membuat jabang bayinya makin sehat. Bisa juga untuk mencegah kanker karena banyak vitamin C dan antioksidannya. Sistem pencernaan kita jadi lancar karena nanas madu kan mengandung serat dan air,”lanjut Kakek semangat.

            “Tapi kok kalo kita makan nanas, lidah kita kadang gatal-gatal itu kenapa ya, Kek?”

            “Oh, itu karena di dalam nanas ini ada enzim bromelain,”jawab Kakek cepat. “Bromelain itu gunanya untuk memecah protein dalam tubuh namun kadang bisa membuat lidah jadi gatal dan bengkak. Tapi jangan khawatir kalo nanas ini sudah dimakan maka air liur kita dan asam lambung bisa menghilangkan pengaruh bromelain ini.”

            Anggi mengangguk mengerti. Ternyata pengetahuan kakek cukup banyak tentang nanas. Mereka lalu kembali ke rumah karena hari sudah sore. Anggi ingin mandi lalu makan yang banyak.

 

Posting Komentar untuk "Main Ke Rumah Kakek : Makan Nanas Madu dan Tahu Manfaatnya"