SERANGAN LEBAH MADU YANG MENYAKITKAN #lebahmadu

 

         
Pak Arya dan anak lelakinya, Dani, pergi ke kebun untuk membersihkan kebun mereka dari tanaman pengganggu agar tanaman sayur dan bunga-bunga yang di tanam
 bisa tumbuh subur.

          Dengan cangkul  dan sabit di tangan, mereka bekerja dengan tekun dan cekatan sehingga hanya dalam waktu singkat kebun mereka sudah bersih kembali dari rumput-rumput pengganggu.

          Keduanya lalu beristirahat dibawah pohon jambu hijau yang rindang sambil menikmati teh hangat dan pisang goreng crispy. Mereka ngobrol dengan asyik sambil memperhatikan beberapa ekor lebah madu yang sedang mencari makan di antara bunga-bunga indah aneka warna.

          “Ayah, aku dengar lebah madu kalau terancam akan menyengat musuhnya lalu mati. Benarkah demikian, Yah?”tanya Dani penasaran.

          “Benar, Nak. Mereka kan punya dua senjata pisau berduri untuk membela diri. Nah setelah berhasil menancapkan sengatnya, mereka akan mencoba untuk menariknya kembali. Namun seringkali alat sengatnya itu malah tertinggal pada objek yang disengatnya. Akibatnya bagian perutnya ikut robek dan terbuka. Itulah kenapa mereka mati setelah menyengat. Semua karena luka parah yang mereka derita,” jawab Pak Arya panjang lebar. Dani senang mendengar jawaban yang cukup jelas itu. Ilmu pengetahuannya jadi bertambah sekarang.

          “Aduh! Tanganku kena sengat lebah madu, Ayah! Bagaimana ini? Sakit sekali rasanya!” teriak Dani yang sedang memperhatikan para lebah madu mencari makan. Tanpa sengaja ada seekor lebah yang sepertinya tidak suka dengan kehadirannya.

          Pak Arya segera bertindak untuk menolong anaknya. Ia lalu mengeluarkan sengat lebah dan mengolesi luka di lengan Dani dengan bunga-bunga di kebun yang telah dihaluskan.

          Luka Dani terasa sakit karena lebah yang menyerangnya berhasil memompa racun ke dalam luka di kulitnya. Pak Arya dan Dani lalu segera menyingkir dari tempat itu karena lebah tadi ketika menyengat ia juga mengeluarkan campuran feromon peringatan yang merangsang lebah lain di sekitarnya untuk menyerang apapun yang ada disekitarnya. Lebah-lebah itu jadi makin agresif.

          Pak Arya dan Dani  lalu pulang ke rumah dengan hati lega.

Posting Komentar untuk "SERANGAN LEBAH MADU YANG MENYAKITKAN #lebahmadu"