ASAL MULA NAMA KOTABUMI (Cerita Rakyat Lampung) #kotabumi #lampung

             

Dahulu, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang baik dan bijaksana. Kerajaan itu terletak di daerah Lampung Utara dan raja yang dimaksud bernama Baginda Tutur Jimat. Pada suatu hari raja memanggil putra tertuanya untuk membicarakan sesuatu yang sangat penting.

“Ada apa Ayahanda? Kenapa saya dipanggil mendadak? Adakah sesuatu yang penting hendak di bicarakan?”tanya Paniakan Dalem, putra tertua raja. Raja tersenyum.

“Benar Anakku. Kau lihat Ayah sudah semakin tua. Fisik Ayah semakin lemah sehingga tidak mungkin terus bekerja mengurus kerajaan ini. Jadi mulai hari ini kau akan menggantikan Ayah sebagai Raja untuk meneruskan cita-cita para pendiri kerajaan terdahulu yang merupakan keturunan Ratu Darah Putih,” jelas Raja sambil menepuk-nepuk pundak putra kesayangannya tersebut. Ia tampak begitu yakin akan kemampuan Paniakan Dalem dalam memimpin kerajaan.

Tentu saja sang putra tidak mungkin menolak amanat Raja. Ia tidak punya pilihan lain. Maka sejak saat itu ia bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita sang Ayah.

Paniakan Dalem lalu menikah dan bersamaan dengan  itu kerajaan tumbuh semakin besar dan maju. Rakyatnyapun aman  sejahtera. Raja muda semakin berbinar-binar setelah ia juga mendapat rejeki berupa kehadiran seorang putra yang tampan dan kemudian diberi nama Muhammad.

Putra mahkota tersebut lalu berhasil tumbuh menjadi pemuda yang tampan dan cerdas. Ia mewarisi sifat dari sang kakek yang sangat peduli dengan masyarakat di bawah. Pangeran Muhammad sering berkunjung ke desa-desa dan bertemu dengan masyarakat secara langsung.

Pada suatu hari setelah selesai berkunjung ke desa-desa di kerajaan. Ia langsung menemui Paniakan Dalem, Ayahnya.

“Ayah aku baru saja mengunjungi sebuah desa dekat hutan tempat aku berburu. Masyarakatnya sangat ramah dan menyambut kami dengan suka cita. Mereka bercerita padaku bahwa mereka adalah keturunan Kuto Bumi. Siapakah Kuto Bumi, Ayah?”tanya Muhammad penasaran.

“Oh...itu adalah Ratu yang dulu pernah memimpin daerah kita ini. Jadi dia adalah nenek moyang kita. Kita semua merupakan keturunan beliau,”jawab raja dengan wajah berbinar.

“Kalau begitu bagaimana jika daerah kita ini kita namakan Kuto Bumi, Ayah. Untuk mengenang beliau dan agar anak keturunan beliau tidak lupa akan asal usulnya,”timpal Muhammad semangat.

Raja yang sejak dulu terus memikirkan bagaimana caranya agar keturunan kerajaan yang dipimpinnya bisa terus mengenang leluhur mereka langsung menyetujui usul itu. Maka sejak saat itu daerah tersebut lebih dikenal dengan nama Kuto Bumi yang lama kelamaan lebih sering disebut dengan nama Kotabumi, ibukota Lampung Utara.

Posting Komentar untuk "ASAL MULA NAMA KOTABUMI (Cerita Rakyat Lampung) #kotabumi #lampung"