HOBI MAKAN TOMAT ANDI DAN MASALAH MATA EKO #tomat

 

      

        Eko berdiri sempoyongan lalu memegang tembok di sebelahnya agar  tidak terjatuh. Untung saja Andi yang lewat di depannya sigap menangkap handphone miliknya yang terlepas dari genggaman sehingga tidak jatuh ke bawah membentur lantai semen yang keras. Jika itu terjadi bisa rusak hp baru tersebut.

          “Kenapa kamu, Ko? Kayak orang linglung begitu? Jalan sempoyongan seperti kurang makan selama tiga hari?”tanya Andi sedih melihat kondisi sang sahabat yang terlihat kurang sehat.

          “Ya, nih, Ndi. Sudah beberapa hari ini aku kan main game di HP sampai berjam-jam lamanya. Akibatnya kepalaku sering pusing dan penglihatanku berkunang-kunang,”jawab Eko lemas. Ia mencoba kembali duduk di bangku panjang.

          “Oh, pantas kalau begitu. Sepertinya kamu harus mengurangi hobimu itu, Ko, karena takutnya mata kamu jadi terganggu penglihatannya. Kasihan kalau seperti kita masih muda sudah rabun,”saran Andi sambil makan tomat besar di tangannya dengan lahap.

          “Eh, buah apa itu yang kamu makan, Ndi? Tomat, ya? Emang enak?”tanya Eko penasaran dengan buah yang sedang dimakan Andi. Ia menggeser sedikit duduknya untuk memberi tempat sang sahabat.

          “Enak, sih, ga juga? Tapi segar dan sehat pastinya. Mungkin banyak yang tidak terlalu suka rasanya. Tapi ada banyak sekali manfaat buah ini bagi tubuh kita,” celetuk Andi seraya menarik nafas dalam dalam karena sedih buah kesukaannya itu sering diremehkan orang.

          “Ada yang bilang ini bukan buah tapi sayur,” timpal Eko yang membuat mata Andi terbelalak.

          “Mungkin juga. Tapi bukan urusanku karena itu sama seperti membahas mana yang lebih dulu, telor atau ayam?”jawab Andi sok bijak. Eko mengangguk-angguk mencoba memahami jalan pikiran Andi.

          “Tomat ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kau lihat mataku selalu segar dan bersinar itu karena buah atau sayur ini. Tomat adalah sumber Vitamin A yang kaya akan alfa-karoten dan beta-karoten sehingga sangat baik untuk kesehatan mata kita. Selain itu tomat bisa mengusir dan menangkal radikal bebas di tubuh kita karena kaya akan antioksidan,”Andi berhenti sebentar untuk meneruskan makannya. Tomat besar di tangannya itu kini tinggal separuh. Eko memperhatikan dengan seksama penjelasan Andi yang banyak mengandung ilmu pengetahuan itu.

          “Selain Vitamin A, tomat juga mengandung Vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu ada juga Vitamin K yang sangat baik untuk membantu membangun tulang kita. Tomat juga bisa mengurangi akibat dari racun timbal dan terakhir kalo di tubuh kita sedang tinggi kadar asamnya, maka sebaiknya makan tomat  untuk mengembalikannya normal kembali,” imbuh Andi persis seperti seorang dokter yang sedang mengobati pasiennya.

          Eko yang tidak tahu masalah tersebut hanya bisa melongo mendengar penjelasan Andi tentang tomat. Ternyata tomat bukan kaleng-kaleng karena punya banyak manfaat. Ia lalu berdiri dan pamit ke Andi.

          “Mau kemana? Kita belum selesai ngobrol, kok,”ucapnya mencoba menahan Eko agar jangan buru-buru pergi dulu.

          “Aku mau minta dibelikan tomat yang banyak sama ibuku agar badanku semakin kuat dan mataku bening kembali!”jawab Eko semangat. Gantian Andi yang melongo sekarang.

Posting Komentar untuk "HOBI MAKAN TOMAT ANDI DAN MASALAH MATA EKO #tomat"