ASAL USUL KOLAM PUTRI GUNUNG BINTAN

             

Pada jaman dahulu kala, ada seorang putri yang sangat cantik yang tinggal di kerajaan Kayangan. Kerajaan ini terletak di Kepulauan Riau. Namanya Putri Bidasari. Kecantikannya termasyhur ke segala penjuru. Banyak pemuda yang tertarik untuk meminangnya. Sang putri menjadi rebutan banyak pangeran.

          Kerajaan Kayangan punya tetangga berdekatan yaitu kerajaan Melayu. Nah, kecantikan sang putri ikut pula memikat hati para pangeran dari kerajaan ini. Mereka jadi saling sikut dan tidak akur yang membuat resah masyarakat. Kehidupan yang tadinya berlangsung adem menjadi ricuh dan cemas.

          Untuk meredam suasana yang tidak baik itu, Sang Dewa sebagai raja dari Kerajaan Kayangan lalu memindahkan kerajaannya ke puncak Gunung Bintan. Dia juga membuat sebuah kolam yang indah untuk putri kesayangannya di sana.

          Raja lalu membuat sayembara untuk para pemuda yang menyukai putrinya. Ia berharap jika putrinya sudah menikah maka keributan tentang hal tersebut bisa segera terselesaikan.

          Putrinya disembunyikan lalu ia menantang para pemuda agar bisa menemukan Putri Bidasari,”Jika salah satu dari kalian berhasil menemukan anakku, maka dialah yang berhak menjadi menantuku atau menjadi suami dari putriku!”ucap sang raja dengan suara lantang. Pengumumannya lalu disebar ke segala penjuru agar semua yang siap bisa mengikuti sayembara tersebut.

          Setelah sayembara di mulai, ternyata ada seorang pangeran dari Kerajaan Kayangan dan seorang pangeran lagi dari Kerajaan Melayu yang berhasil menemukan keberadaan sang putri di saat yang bersamaan. Putri Bidasari lalu mengajak keduanya ke puncak tangga kolam ikan miliknya.

          “Mohon maaf para pangeran yang perkasa karena saya tidak bisa memilih salah satu dari kalian, maka biarlah aku terjun ke dalam kolam ini agar tidak terjadi perang berkelanjutan diantara kalian berdua,”jelas Putri Bidasari seraya melompat terjun ke dalam kolam.

          Ajaibnya tubuh sang putri lalu berubah menjadi seekor ikan mas yang sangat indah. Sang Ayah yang tidak bisa berbuat apa-apa hanya bisa menyesali mengapa hal itu harus terjadi pada putri tercintanya. Pengorbanan luar biasa Putri Bidasari lalu diabadikan dalam bentuk larangan bagi siapapun untuk menangkap ikan yang ada di kolam yang diberi nama Kolam Putri. Kolam yang jernih airnya tersebut hingga kini masih dijaga dan dikeramatkan oleh warga di sekitar Gunung Bintan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "ASAL USUL KOLAM PUTRI GUNUNG BINTAN "